Pilihan Mama Bekerja

   

 Saya adalah mama yang kebetulan bekerja kantoran dari jam 8 pagi sampai selesai. Kadang selesai tenggo, kadang malam.

Attar, 4 thn, pernah protes “mama anterin adek sekolah setiap hari dong, kayak mamanya A. Mamanya A setir mobil anterin A, terus jemput lagi setiap hari.” 

Waktu itu saya jawab bahwa saya harus bekerja, karena setiap orang itu harus bekerja menghidupi dirinya dan keluarganya. Saya kasih contoh, guru sekolahnya bekerja, ncus (panggilan untuk pengasuhnya) bekerja, dokter bekerja. Sayangnya waktu kerja mama tidak memungkinkan untuk antar jemput setiap hari. Jadi sampai situ, anak bungsu saya cukup mengerti. 
Raka, 9 tahun, dari dulu tidak pernah protes. Mamanya pulang malam pun, dia tidak protes. Mamanya pergi dinas, dia juga tidak protes. Kadang-kadang merasa, anak ini merindukan mamanya tidak ya? Komunikasi saya dengan Raka terbilang cukup baik, sering cerita tentang segala macam hal, tetapi belum pernah protes atau bertanya soal pekerjaan mamanya. Menurut dia sih, pekerjaan mamanya tidak sekeren pekerjaan ayahnya. 
Beberapa waktu lalu, saya sibuk menyelesaikan prakarya goodie bag untuk Attar. Saya sedang menggunting-gunting gambar wajah Stormtrooper. Raka melontarkan komentar yang membuat saya kaget, “I really like when you’re doing this. I like it when you look like a home mom.” Percakapan pun mengalir, ternyata Raka memimpikan mama yang sering di rumah, mengerjakan segala macam hal yang menurut dia motherly, tetapi dia tetap sayang akan mamanya yang tidak se-motherly itu. Mama tetap yang terbaik untuknya. 
“I know you work for us. And for yourself. And for others. I know if you don’t do what you do, I can’t be what I am, can’t have what I have, you can’t be who you are.” 
Saya tak mampu berkata apa-apa. Saya hanya mengatakan bahwa anak-anak mama tidak bisa dibandingkan dengan apapun, termasuk dengan pekerjaan. Anak-anak (plus suami) adalah yang terpenting Jika saya harus memilih, saya pasti memilih mereka.

 Saya hanya bersyukur, saya tidak harus memilih. 

Advertisements

One thought on “Pilihan Mama Bekerja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s