Ayah Sitter

Sudah menjadi tradisi setiap lebaran, si Ncus, selalu mudik selama 2 minggu and it’s a paid vacation loh. Jadilah selama ncus mudik, si emak dan the husband harus akrobat untuk atur-atur jadwal cuti. Dua minggu loh cutinya, padahal kami kan ngga mungkin cuti sedemikian lamanya gitu dari kantor. Biasanya the husband ambil pas lebaran sampai cuti bersama, pokoknya minggu pertama lalu si emak ambil seminggu setelahnya. Jatohnya sih si emak  bisa cuti lebih dari 5 hari karena kan lebaran juga suka dipotong cuti bersama. Makanya juga kami ngga pernah mudik ke dusun.. lah bisa cuti 2 minggu penuh, mana punya cuti sebanyak itu? Cuti kan harus dieman-eman buat liburan, buat urusan sekolah kakak, endesbre endesbre..

Anyway, selama the husband cuti dan si emak ngantor, the husband punya job title baru yaitu AyahSitter. Sebenernya rancu sih ya, ini maksudnya jagain ayah atau jagain bayi? Yah pokoknya maksudnya adalah ayah aka the husband jadi babysitter, jagain bocah kecil.

Jadi kemaren perdana dong jadi Ayah Sitter setelah tahun lalu gatot karena minta si emak balik dari kantor. Tahun lalu ya, si emak ditelpon dengan suara tangisan adek di ujung sana dan suara panik the husband serta kakak yang teriak “MAMAAAAA PULAAAAAANG” buset dah. Sampe rumah dapet laporan adek ngga mau minum ASIP, dotnya dilepeh, dsb dsb.. pas emak cium ASI-nya, asem bok. Basi!!!! Pantesan adek ngga mau minum jreng. Yaudahlah abis itu jadi batal kerja dan nerusin cuti.

Kemaren? Woh.. peningkatan luar biasa. Udah makan siang dengan benar, udah pada mandi pagi, adek juga tidur siang lama (tiga jam! wow!). Wow wow wow… Jadi waktu nelpon siang-siang, emak berasa aman dan lega. The husband can really do it.

Sore-sore menjelang jam 5, kakak telpon dan nanya ini “mah, adek udah makan satu pisang, trus sekarang mau makan lagi. kasih pisang lagi atau makan nasi?” Emak bilang makan nasi, udah waktunya makan malem, adek emang makan malemnya jam 5an gitu. Abis tutup telpon, emak langsung jalan pulang dan sampe rumah adek langsung nunjuk-nunjuk kulkas.. adek kelaperan!!!!

Tuang nasi di piring, sop dan ayam. Adek makan dengan super cepat. Lagi disendokin, dia ikutan nyomot pake tangan. Abis banyak dan bersih.  Kelaperan berat dia. Malemnya kami pergi makan di luar karena males nyuci piring, trus si adek yang masih segar bugar itu ikutan makan ayam pake nasi. Pipinya celemotan dan masih aja gigitin paha ayam.

Okelah, kali ini emak kasih nilai buat ayahsitter 7.5. Good job!